Sunday, February 19, 2012

HOW TO MAKE CHOCOLATE CURL

Just sharing... Untuk membuat chocolate curl atau suka disebut coklat kruwel, hehehee...
Chocolate curl ini cantik untuk dijadikan sebagai garnish ataupun topping cake. Semisal untuk topping black forest cake. Padukan antara dark chocolate dan white chocolate. Atau buat dari dark chocolate kemudian atasnya didusting dengan gula halus. Nice! ^___^

Saya memakai alat seperti yang ada di foto. Mohon maaf saya sendiri tidak tau nama alatnya apa. Tapi di toko bahan kue (TBK) yg cukup lengkap insyaAllah ada. Yang saya pakai ini kebetulan dibeli dari sebuah TBK di Kijang Mas, Bandung yang saya dapatkan dari my brother Kang Yadi Hf. Thanks brother :)
Tapi di TBK Ani, Jakarta pun ada, seorang teman membelinya dari situ. Dan mungkin di TBK lainnya pun ada, seperti di Titan Fatmawati.

Cara pakainya sederhana saja, seperti mengeruk dengan menggunakan sisi yg bergerigi. Dengan sudut kemiringan alat dari permukaan coklat sekitar 30'. Tapi kondisi coklat harus pas, yaitu dalam keadaan agak lunak, jangan lembek atau jangan keras. Jika lembek, coklat tidak akan menggulung, malah akan berlipat saja. Jika keras, coklat akan patah-patah atau hancur saat dikeruk.
Alat ini juga biasa dipakai untuk mengeruk butter, sehingga membentuk gulungan.

Yang saya buat dalam foto ini kebetulan menggunakan white chocolate.




Oya... Mungkin sebagian besar teman-teman sudah tau cara membuat chocolate curl yang memakai alat pengeruk buah/cocktail yang bentuk kerukannya setengah bola. Jika mengeruk memakai alat kerukan buah tersebut, hasilnya akan seperti mawar gulung/kuncup mawar. Caranya hampir sama. InsyaAllah kapan-kapan jika ada kesempatan dan mood yang baik saya share lagi, heheee... ;)

Selamat mencoba :)

1 comment:

Anonymous said...

mba..share gimana ledehin coklat yg mantap buat dekor dong...biar gak terlalu keras/gampang patah atau kelembekan...ada yg bilang pas di ledehin tuh campur butter sedikit..bener gak ya?
trus merk coklat yg bagus apa ya?

Post a Comment